Jangan Merusak Lingkungan

Jangan Merusak Lingkungan

Oleh : aminuddin


MERUSAK lingkungan hidup merupakan bagian dari akhlak yang buruk.  Karena,  kata Ustad Mahyuddin (Membina Akhlak Anak:1995), perbuatan buruk itu turut memperburuk kehidupan di masa yang akan datang. 

Kita perlu menyadari bahwa akibat kerusakan lingkungan hidup akan terjadi penggundulan hutan,  terjadinya banjir karena air hujan sulit terserap masuk ke tanah. 

Rusaknya lingkungan banyak diakibatkan oleh tangan manusia itu sendiri.  Al-Quranul Karim telah menjelaskan hal ini:

"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia,  supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka,  agar mereka kem bali (ke jalan yang benar). " (QS Ar-Ruum 41).

Oleh karena itu janganlah dari kita membuat kerusakan di bumi,  sebagaimana firman-Nya:

" Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi,  sesudah (Allah)  memperbaikinya. " (QS Al-A'raaf 56).

" Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah,  dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan.. "( QS Al-A'raaf 74).

" Dan Syua'ib berkata : "Hai kaumku,  cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil,  dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi dengan membuat kerusakan..." (QS Huud 85).

Allah SWT sendiri sangat tidak suka kepada mereka yang membuat kerusakan, sesuai firman-Nya:

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata :"Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah)  di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah,  padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau. " Tuhan berfirman:" Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. " (QS Al-Baqarah 30).

Adalah tugas kita bersama untuk tidak merusak lingkungan hidup. Kita berkewajiban memperbaikinya jika rusak,  merawat dan melestarikannya. 

Marilah mulai dari sekarang kita singsingkan lengan baju,  bahu membahu menjaga dan me rawat lingkungan di sekitar kita dengan tidak merusaknya yang justru akan merugikan dan menyengsarakan makhluk hidup lainnya. 

Wallahu a'lam bishshawab


Cerita ini bisa dibaca di : Jangan Merusak Lingkungan